Sunday, September 1, 2013

Radio Assunnah 92.3 FM

Radio Assunnah 92.3 FM


Profil Radio Sunnah Kita FM

Posted: 31 Aug 2013 04:17 PM PDT

COMPANY PROFILE RADIO SUNNAH KITA FM CIREBON

Latar Belakang

Cirebon merupakan kota yang cukup pesat perkembangannya saat ini, baik dilihat dari dimensi geografis, sosiologis, ekonomis dan teknologis. Dengan lokasi sangat strategis, yakni terletak di Pantura perbatasan Jawa Barat – Jawa Tengah.

Cirebon sebagai kota Religius sangat membutuhkan Radio dakwah yang akan mendukung proses pembangunan dengan pembinaan akidah yang lurus dan akhlak yang mulia. Terlebih lagi saat ini di kota Cirebon pada khususnya masih sangat jarang adanya radio dakwah.

radio kita fm cirebonTrend beberapa dasawarsa terakhir ini menunjukkan bahwa radio telah menjadi pilihan favorit bagi masyarakat untuk mendengarkan dakwah. Hanya saja hingga saat ini proporsi dakwah masih relatif kecil dibandingkan dengan total program yang disiarkan oleh radio. Artinya, hingga saat ini masih sangat sedikit ditemukan radio yang terfokus di bidang dakwah, sebagaimana perkembangan yang terjadi didunia pertelevisian, seperti TV/radio News, TV/radio musik, dan lainnya. Keadaan ini merupakan peluang bagi dikembangkannya Radio Dakwah.

Strategis dan pentingnya mengembangkan radio dakwah tidak terlepas dari pertimbangan atas luasnya jangkauan yang dapat dicapai oleh siaran radio. Dengan jangkauannya demikian, radio mampu membuka akses yang lebih mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan dakwah Islam. Dengan radio, setiap orang dapat mendengarkan dakwah, dimanapun dan dalam kondisi apapun. Pengalaman yang telah dilalui oleh beberapa radio di daerah lain yang terus berupaya fokus menjadi radio dakwah, telah membuktikan kemudahan yang dapat diperoleh oleh masyarakat.

Ditinjau dari sudut pandang lain, pengembangan radio dakwah juga merupakan salah satu upaya untuk mendukung terwujudnya cita-cita Cirebon sebagai Kota Wali, dimana pada salah satu misinya adalah untuk menciptakan manusia yang beriman dan bertaqwa. Kehadiran radio ini juga diharapkan dapat membangun image (city-branding) bahwa Cirebon adalah kota yang juga menyemaikan semangat religis masyarakatnya untuk kembali kepada ajaran Islam. Sebagai radio yang lebih dominan program di bidang dakwah, terobosan ini merupakan sesuatu yang termasuk langka dan unik.

Bermula dari pembentukan PT. Radio Dakwah Assunnah Al Islamiyah yang merupakan badan usaha berbentuk persero yang bergerak di bidang jasa penyiaran radio. Berdiri pada tanggal 01 April 2008 dan tercatat di Notaris Siti Artati Noveriyah, S.H dengan Akte Pendirian No.05. PT. Radio Dakwah Assunnah Al Islamiyah adalah lembaga penyelenggara penyiaran swasta jasa penyiaran radio yang bermodulasi FM dengan Call Station Radio Assunnah FM. Lokasi Studio bertempat di Komplek Ponpes Assunnah Cirebon, Jl.Kalitanjung 52.B Kel.Karyamulya Kec.Kesambi Kota Cirebon. Dan kini setelah melalui proses perubahan dan perbaikan di tahun 2013, baik perubahan dan perbaikan dari sisi perizinan, teknis dan program siaran, kini Radio Assunnah FM menggunakan frekuensi 94.3 MHz dengan kekuatan pemancar sementara 1200 Watt dan merubah pula call sign menjadi Radio Sunnah KITA FM, dan diharapkan dapat menjangkau siaran di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Majalengka, Kuningan, Indramayu, Tegal, Brebes dan sekitarnya.

kita3b.jpg

Maksud Pendirian

Maksud diadakannya Radio Sunnah Kita FM 94,3 FM yang fokus ( lebih dominan 60 % ) di bidang Dakwah adalah agar tersedianya sarana atau wadah penyebarluasan dakwah Islam yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas dengan lebih mudah, lebih murah dan berkualitas. Selain itu maksud yang lainnya adalah sarana untuk membantu pemerintah dalam mensosialisasikan berbagai macam peraturan, informasi dan sebagainya yang berhubungan dengan pemerintah.

Tujuan Pendirian

Tujuan didirikannya Radio Sunnah KITA FM adalah sebagai berikut :

A. Tujuan Umum

  1. Terwujudnya masyarakat Cirebon yang lebih cerdas, memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kuat.
  2. Berpartisipasi untuk terwujudnya sukses penyelenggaraan pembangunan di Kota Cirebon.
  3. Dalam bidang sosial, membantu pemerintah kota Cirebon dan dinas-dinas yang terkait dalam penyebaran informasi/sosialisasi, dan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

B. Tujuan Khusus

  1. Terwujudnya pemahaman dan perilaku kaum muslimin yang rahmatan lil alamin, sebagaimana ditunjukkan oleh Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan pemahaman para Sahabat.
  2. Menyiarkan Pendidikan Islam sebagai media pembinaan positif bagi generasi muda.
  3. Terbendungnya secara maksimal pengaruh negatif perkembangan yang terjadi di dunia luar terhadap masyarakat Kota Cirebon.
  4. Menjadikan Radio Sunnah KITA FM sebagai wadah bagi pengusaha / investor untuk komunikasi usaha dan enterpreunership.
  5. Menyampaikan informasi kepada publik, baik dibidang pemerintah, sosial, bisnis, dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di kota Cirebon dan sekitarnya.

Visi Radio Sunnah KITA FM

"MENJADI RADIO DAKWAH ISLAM YANG EKSIS, PROFESSIONAL, TERDEPAN, DAN MANDIRI SERTA MENJADI RADIO DAKWAH , PENDIDIKAN DAN ENTERPREUNERSHIP CHANNEL (DAKWAH, ISLAMIC EDUCATION,SOCIAL, AND ENTERPREUNERSHIP )"

Misi Radio Sunnah KITA FM

  • Menyebarluaskan dakwah dan Pendidikan Islam kepada masyarakat di Cirebon dan sekitarnya.
  • Meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam oleh kaum muslimin sehingga sesuai dengan petunjuk Al-qur'an dan As-sunnah sesuai dengan pemahaman para Sahabat ( Assalafusholih).
  • Membantu terwujudnya cita-cita Cirebon menjadi Kota Wali yang bertauhid dengan masyarakat yang beriman dan bertaqwa.
  • Mendorong para pengusaha dan pelaku bisnis muslim agar mampu membawa Cirebon menjadi pusat perdagangan Jawa Barat dan memajukan dakwah Islam dengan menanamkan jiwa berjihad dengan hartanya.

ASPEK PROGRAM SIARAN

Format Siaran

Radio Sunnah Kita FM (Saat ini masih berada dalam naungan PT. Radio Dakwah Assunnah Al Islamiyah) adalah lembaga penyiaran radio swasta yang mempunyai format siaran sebagai radio dakwah dan Pendidikan dan di lengkapi dengan format siaran khas dan unggulan lainnya berupa Hiburan Qur'ani, Dunia anak, Dunia remaja, berita/informasi layanan masyarakat, dialog interaktif, dll.

Dalam bidang Spiritual, materi pengkajiannya dititikberatkan dalam hal Aqidah Tauhid (Mengesakan Allah), Fikih Ibadah, dan Metode (tata cara beragama). Disamping itu memberikan informasi-informasi keislaman yang layak dan sangat diharapkan oleh masyarakat luas pada umumnya dan masyarakat Islam pada khususnya. Dialog interaktif merupakan suatu segmen yang relevan dengan persoalan – persoalan dakwah yang sering terjadi di masyarakat.

Di bidang pendidikan yaitu dengan menyiarkan penampilan – penampilan siswa dan santri ponpes Assunnah, dan menyiarkan bimbingan pendidikan anak dan rumah tangga. Di bidang lain diselenggarakan acara-acara dalam bentuk talkshow, dll dengan mengundang pihak dari Pemerintah, Dinas-dinas, BUMN, Pengusaha, Investor, dan masyarakat umum.

Program unggulan lain di bidang hiburan kami mempunyai program hiburan Qurani yaitu suatu acara yang menghibur sekaligus menentramkan hati pendengar dengan berbagai modifikasi acara dari murottal Al Quran – hadits dan doa serta tambahan acara di bidang Informasi dengan menyajikan berita dan peristiwa yang terjadi secara langsung dan melalui media lain di kota Cirebon dan sekitarnya, baik lokal, nasional dan internasional.

Segmentasi Target Pendengar

Untuk pemilihan segmentasi yang ditawarkan oleh Radio Sunnah Kita FM adalah jasa siaran dimana Program siarannya merupakan dakwah yang bernafaskan Islam.
Dengan segmentasi pendengar adalah masyarakat luas yang mayoritas beragama Islam yang didominasi keluarga muslim, para pelajar dan mahasiswa muslim di Kota Cirebon dan sekitarnya, juga kota – kota yang bersebelahan dengan Cirebon, seperti Kab. Cirebon, Kuningan, Indramayu, Majalengka, Tegal dan Brebes.

Penggolongan dan Presentase mata acara siaran

Tabel Penggolongan Isi Materi Siaran

No Materi Siaran Presentasi Jam Menit Keterangan
1 Informasi 5.0 % 0.9 54 Perhari
2 Pendidikan 15.0 % 2.7 162 Perhari
3 Agama 45.0 % 9.9 596 Perhari
4 Hiburan Qurani 15.0 % 2.7 162 Perhari
5 Iklan dan Layanan Masyarakat 20.0 % 3.6 216 Perhari
TOTAL 100.0 % 18 1080 Perhari

No comments:

Post a Comment