Monday, June 17, 2013

Radio Assunnah 92.3 FM

Radio Assunnah 92.3 FM


Jadwal Kajian Rutin Masjid Assunnah Cirebon

Posted: 17 Jun 2013 01:21 AM PDT

Bismillah

Menuntut ilmu syar’i adalah kewajiban bagi setiap muslim. Karena ilmu adalah sayyidul 'amal (penghulunya amal), sehingga tidak ada satu amalan pun yang dilakukan tanpa didasari dengan ilmu. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah kaidah yang telah disepakati ummat,

اَلْعِلْمُ قَبْلَ الْقَوْلِ وَالْعَمَلِ .

"Ilmu dahulu sebelum berkata dan berbuat."

[Lihat Shahih Al-Bukhari, Kitab Al-Ilmu, Bab Al-'Ilmu Qablal Qaul wal 'Amal (I/119)]

kajian masjid assunnah

Ilmu juga merupakan makanan pokok bagi jiwa, yang karenanya jiwa akan menjadi hidup dan jasad akan memiliki adab. Oleh karena itu, Islam mewajibkan ummatnya, baik laki-laki maupun perempuan, untuk menuntut ilmu. Dan hal ini telah ditegaskan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sabdanya,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ .

"Menuntut ilmu wajib bagi setiap Muslim."

[Hadits shahih li ghairihi, diriwayatkan Ibnu Majah (no. 224), dari jalur Anas bin Malik radhiyallahu'anhu. Hadits ini diriwayatkan pula oleh sekelompok para shahabat, seperti Ali bin Abi Thalib, 'Abdullah bin 'Abbas, 'Abdullah bin 'Umar, 'Abdullah bin Mas'ud, Abu Sa'id Al-Khudriy, Al-Husain bin 'Ali, dan Jabir radhiyallahu'anhum. Para ulama ahli hadits telah menerangkan jalur-jalur hadits ini dalam kitab-kitab mereka, seperti: Imam As-Suyuthi dalam kitab Juz Thuruqi Hadits Tholabil Ilmi Faridhotun 'Ala Kulli Muslimin, Imam Ibnul Jauzi dalam kitab Al-Wahiyat (I/67-71), Imam Ibnu 'Abdil Barr dalam kitab Jami' Bayanil 'Ilmi wa Fadhlihi (I/69-97), dan Syaikh Al-Albani dalam kitab Takhrij Musykilah Al-Faqr (hal. 48-62)]

Untuk itu, sebagai muslim kita wajib untuk mengamalkan hadits tersebut dengan bersemangat menuntut ilmu syar’i dalam bentuk media yang memang diperbolehkan oleh Syari’at. Apabila Anda adalah seorang muslim yang memang memiliki banyak keluangan waktu untuk menuntut ilmu, maka alangkah baiknya jika Anda bisa mengikuti program pendidikan di Ma’had atau Pondok-pondok pesantren yang mengajarkan Islam sesuai dengan Al Quran dan Assunnah yang sesuai dengan pemahaman para Sahabat . Namun jika Anda adalah seorang yang sibuk dan tidak bisa secara penuh dalam menuntut ilmu, maka kini pun sudah banyak tersebar majelis-majelis ta’lim yang disana diajarkan berbagai macam pembahasan dimulai dari Tauhid dan Aqidah, Fiqh, Akhlaq, Manhaj (Tata cara beragama), Siroh, sampai kepada pelajaran bahasa arab yang diselenggarakan secara rutin baik oleh Pondok Pesantren maupun oleh Majelis Ta’lim tersendiri yang berafiliasi kepada Dakwah Salafiyah Ahlussunnah wal Jama’ah dan diasuh oleh para Ustadz yang mereka Hafidzohumullah konsisten dan komitmen di atas Manhaj Salaf.

Salah satu penyelenggara kajian rutin yang ada di Kota Cirebon dan sekitarnya adalah DKM (Dewan Kemamuran Masjis) Assunnah yang bekerjasama dengan Bidang Dakwah Yayasan Ponpes Assunnah Kota Cirebon. Alhamdulillah secara rutin hampir tiap harinya, diselenggarakan Kajian Islam rutin dengan pemateri para Ustadz dari Ponpes Assunnah Cirebon. Berikut ini adalah Jadwal Kajian Islam Rutin di Masjid Assunnah Cirebon:

jadwal kajian masjid assunnah

Bagi Anda yang berada di daerah Kota Cirebon dan sekitarnya Anda bisa mengikuti kajian rutin ini dan untuk Informasi Kajian Rutin lainnya yang berada di sekitar daerah Kota Cirebon dan sekitarnya silakan anda bisa menghubungi (0231) 483543.

Semoga bermanfaat (abuarfa)

Bedah Buku On Air Bersama Pustaka Imam Syafi’i

Posted: 16 Jun 2013 07:38 PM PDT

Bismillah

Alhamdulillah, program acara Bedah Buku On Air sudah mulai dilaksanakan. Program acara ini bekerjasama dengan para penerbit buku Islam Ahlussunnah terpercaya. Dan salah satu penerbit yang sudah bekerjasama dengan Radio Sunnah KITA FM Cirebon adalah Pustaka Imam Syafi’i Jakarta. Pustaka Imam Syafi’i adalah salah satu penerbit buku Islam yang konsisten untuk menerbitkan buku-buku Islam dalam bahasa Indonesia, baik tulisan terjemahan dari buah karya para Ulama Ahlussunnah atau tulisan dari para asatidz tanah air yang mereka konsisten dalam menebarkan dakwah salafiyah ahlussunnah wal jama’ah.

bedah buku on air pis3 buah buku terbitan Pustaka Imam Syafi’i yang kami pergunakan dalam program acara Bedah Buku On Air adalah :

1. Intisari Aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah

Intisari AqidahPenulis : ‘Abdullah bin ‘Abdul Hamid al-Atsari

Buku yang memperoleh kata sambutan dan pujian dari ulama besar ini membahas tentang masalah ‘aqidah secara lengkap seperti: definasi ‘aqidah,ahlus Sunnah wal Jamaah,salaf,ahlul ahwaa’,bid’ah,ittiba’,rukun iman,takfir,muwaalaah,mu’aadaah karamah para wali,taat kepada ulil amri,kaidah-kaidah dakwah dan lain-lain. Buku ini disajikan secara sistematis jelas dan ringkas sehingga enak dibaca dan mudah dipahami.

Disamping itu juga dilengkapi dengan takhrij hadits-haditsnya sehingga maklumatnya bisa dipertanggungjawabkan.

Harga Buku : Rp 40.000

Dibahas secara on Air di setiap hari Rabu Pagi pukul 05.30-06.30 dalam program acara SMART (Satu Jam Meraih Taqwa) dengan pemateri Ustadz Arif Budiman, Lc (Pengajar di Ponpes Assunnah Cirebon, Pemateri tetap Radio Kita FM dan mengisi kajian di beberapa Majelis Ta’lim di Kota Cirebon dan sekitarnya)

2. Ad-Daa’ Wad Dawaa’

ad daa' wad dawaa pustaka imam syafi'i

Penulis : Ibnu Qayyim al-Jauziyyah

Buku Ad-Daa' wa ad-Dawaa' adalah sebuah karya besar dan fenomenal di bidang akhlak, tarbiyah, dan tazkiyatunnufus. Penulisnya, Ibnu Qayyim al-Jauziyyah, adalah seorang ulama tersohor dan penulis buku berbobot yang hidup pada abad ke-8 H. Buku ini berbicara panjang lebar serta sempurna di berbagai masalah tarbiyah dan tazkiyatun-nufus, mulai dari pentingnya do'a bagi seorang hamba serta hubungan do'a dengan takdir.

Berbicara tentang macam-macam maksiat dan bahayanya bagi pelakunya, juga dosa-dosa dan pengaruh negatifnya secara langsung di dunia.
Berbicara pula tentang hukuman Allah terhadap hamba-Nya baik itu hukuman syar'i maupun qadari, qalbi maupun badani, duniawi maupun ukhrawi. Berbicara mengenai syirik dan macam-macamnya dalam ibadah, perbuatan, perkataan, kehendak, dan niat, serta syiriknya agama Nasrani, juga syirik dalam wasilah dan syafaat.

Berbicara seputar dosa-dosa besar, seperti kezhaliman, pembunuhan, dan zina beserta dampak-dampak negatifnya. Berbicara seputar pintu-pintu pembuka maksiat, diantaranya bisikan hati, pandangan mata, dan langkah kaki. Berbicara mengenai liwath (homoseks) dan menyetubuhi binatang; serta tentang cinta, tingkatan-tingkatannya, soal mabuk asmara dan masalah yang lain.

Harga : Rp 120.000,-

Dibahas secara on Air di setiap hari Rabu Siang pukul 13.00-14.00 dalam program acara KISAH (Kajian Ilmiyah Siang Hari) dengan pemateri Ustadz Tata Abdul Ghoni (Pengajar di Ponpes Assunnah Cirebon, Pemateri tetap Radio Kita FM dan mengisi kajian di beberapa Majelis Ta’lim di Kota Cirebon dan sekitarnya)

3. Ensiklopedi Adab Islam

Ensiklopedi Adab Islam Pustaka Imam Syafi'i

Penulis : Abdul Aziz bin Fathi as-Sayyid Nada

Seluruh syariat Islam, baik yang hukumnya wajib, sunnah, mustahab, maupun mubah baik yang berhubungan secara vertikal, antara hamba dengan Penciptanya, maupun secara horizontal, antar sesama hamba, berfungsi untuk menjaga hubungan baik dengan Pencipta dan dengan sesama mereka secara beradab. Apabila seorang hamba telah memberikan hak-hak dan melaksanakan kewajiban-kewajiban kepada Penciptanya dan kepada sesama hamba, berarti dia tergolong hamba yang beradab. Sebaliknya, apabila dia tidak melaksanakan hal-hal tersebut, maka dia digolongkan ke dalam golongan hamba yang tidak beradab. Semua itu telah diatur sedemikian rupa oleh syari’at Islam.

Seorang Muslim yang telah melaksanakan adab-adab tersebut sesuai dengan syari’at Islam berarti ia telah beradab dengan adab islami. Dalam hal ini, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam adalah teladan bagi setiap Muslim dalam beradab islami. Setiap hari selama 24 jam, beliau selalu menjaga hubungan baik dengan Penciptanya dan dengan sesama hamba. Mulai dari masalah kecil keseharian, seperti tidur, mandi, makan, minum, dan lain-lain, hingga yang besar, seperti mengatur negara, berperang, berdamai, dan lain-lain mulai dari urusan ukhrawi ibadah hingga urusan duniawi. Dengan demikian, tampaklah suatu peradaban yang indah, harmonis, demokratis, tertib, rapi, manusiawi, sekaligus bersifat ilahiyah yang jauh dari kesan kekerasan, kekejaman, diskriminasi, dan kesan-kesan negatif lainnya.

Yang perlu digarisbawahi dalam hal ini ialah bahwa semua itu hanya ada di dalam agama Islam sehingga Islam layak disebut sebagai agama yang berperadaban dan penganutnya adalah manusia-manusia yang berperadaban tinggi (masyarakat madani).Lantas, dari manakah kesan terorisme dan teroris didapatkan? Ataukah stigma seperti itu sengaja dipropagandakan oleh musuh-musuh Islam untuk memojokkannya? Anda tidak perlu berpikir ulang untuk menemukan jawaban yang tepat atas pertanyaan-pertanyaan tersebut setelah membaca buku Ensiklopedi Adab Islam ini.

Harga : Rp. 120.000,-

Dibahas secara on Air di setiap hari Kamis Pagi pukul 05.30-06.30 dalam program acara SMART (Satu Jam Meraih Taqwa) dengan pemateri Ustadz Abu Islamah Imanudin, Lc (Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatunnajah Bekasi)

Demikianlah sedikit uraian mengenai buku yang akan dibedah dalam program acara Bedah Buku On Air di Radio Kita FM Cirebon.

Bagi Anda yang ingin memiliki buku tersebut, silakan membelinya di toko-toko buku terdekat dan kita akan membahasnya di Radio Sunnah Kita FM bersama para Asatidz. Jangan lewatkan kajian yang penuh manfaat ini. Bagi Anda yang berada di luar Kota Cirebon, silakan bisa menyimaknya via streaming di alamat http://live.radiosunnah.net atau di flexy radi *55*320523 dan Aplikasi Blacberry ataupun Androis. Semoga bermanfaat (abuarfa)

No comments:

Post a Comment