Wednesday, September 11, 2013

Muslim.or.id: Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Muslim.or.id: Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah


Manfaat Ingat Mati

Posted: 11 Sep 2013 03:00 AM PDT

ingat_mati

Apa manfaat ingat mati atau mengingat kematian?

Berikut beberapa faedah atau manfaatnya yang sengaja penulis sarikan dari penjelasan ulama sebagai nasehat untuk kita semua.

1- Mengingat kematian adalah termasuk ibadah tersendiri, dengan mengingatnya saja seseorang telah mendapatkan ganjaran karena inilah yang diperintahkan oleh suri tauladan kita, Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.

2- Mengingat kematian membantu kita dalam khusyu' dalam shalat. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

اذكرِ الموتَ فى صلاتِك فإنَّ الرجلَ إذا ذكر الموتَ فى صلاتِهِ فَحَرِىٌّ أن يحسنَ صلاتَه وصلِّ صلاةَ رجلٍ لا يظن أنه يصلى صلاةً غيرَها وإياك وكلَّ أمرٍ يعتذرُ منه

"Ingatlah kematian dalam shalatmu karena jika seseorang mengingat mati dalam shalatnya, maka ia akan memperbagus shalatnya. Shalatlah seperti shalat orang yang tidak menyangka bahwa ia masih punya kesempatan melakukan shalat yang lainnya. Hati-hatilah dengan perkara yang kelak malah engkau meminta udzur (meralatnya) (karena tidak bisa memenuhinya)." (HR. Ad Dailami dalam musnad Al Firdaus. Hadits ini hasan sebagaimana kata Syaikh Al Albani)

3- Mengingat kematian menjadikan seseorang semakin mempersiapkan diri untuk berjumpa dengan Allah. Karena barangsiapa mengetahui bahwa ia akan menjadi mayit kelak, ia pasti akan berjumpa dengan Allah. Jika tahu bahwa ia akan berjumpa Allah kelak padahal ia akan ditanya tentang amalnya didunia, maka ia pasti akan mempersiapkan jawaban.

4- Mengingat kematian akan membuat seseorang memperbaiki hidupnya. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

أكثروا ذكر هَاذِمِ اللَّذَّاتِ فإنه ما ذكره أحد فى ضيق من العيش إلا وسعه عليه ولا فى سعة إلا ضيقه عليه

"Perbanyaklah banyak mengingat pemutus kelezatan (yaitu kematian) karena jika seseorang mengingatnya saat kehidupannya sempit, maka ia akan merasa lapang dan jika seseorang mengingatnya saat kehiupannya lapang, maka ia tidak akan tertipu dengan dunia (sehingga lalai akan akhirat)." (HR. Ibnu Hibban dan Al Baihaqi, dinyatakan hasan oleh Syaikh Al Albani).

5- Mengingat kematian membuat kita tidak berlaku zholim. Allah Ta'ala berfirman,

أَلَا يَظُنُّ أُولَئِكَ أَنَّهُمْ مَبْعُوثُونَ

"Tidaklah orang-orang itu menyangka, bahwa sesungguhnya mereka akan dibangkitkan." (QS. Al Muthoffifin: 4). Ayat ini dimaksudkan untuk orang-orang yang berlaku zholim dengan berbuat curang ketika menakar. Seandainya mereka tahu bahwa besok ada hari berbangkit dan akan dihisab satu per satu, tentu mereka tidak akan berbuat zholim seperti itu.

Imam Qurthubi menyebutkan dalam At Tadzkiroh mengenai perkataan Ad Daqoq mengenai keutamaan seseorang yang banyak mengingat mati:

1- menyegerakan taubat

2- hati yang qona'ah (selalu merasa cukup)

3- semangat dalam ibadah

Sedangkan kebalikannya adalah orang yang melupakan kematian, maka ia terkena hukuman:

1- menunda-nunda taubat

2- tidak mau ridho dan merasa cukup terhadap apa yang Allah beri

3-  bermalas-malasan dalam ibadah.

Semoga Allah menghindarkan kita dari penyakit cinta dunia dan takut mati.

 

Referensi:

Ahkamul Janaiz Fiqhu Tajhizul Mayyit, Kholid Hannuw, terbitan Dar Al 'Alamiyah, cetakan pertama, 1432 H, hal. 9-13.

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Muslim.Or.Id

Kurban dengan Ayam dan Kuda (Selain Unta, Sapi, dan Kambing)

Posted: 10 Sep 2013 11:30 PM PDT

kurban ayam

Bolehkah kurban dengan ayam atau kuda? Atau memang hanya boleh dengan unta, sapi dan kambing?

Ketentuan hewan kurban sudah jelas ditetapkan oleh syari'at sebagaimana ketentuan dalam ibadah lainnya sehingga kita tidak boleh menyalahi aturan ini. Hewan yang dipersyaratkan untuk udhiyah (kurban) adalah hewan ternak, yaitu unta, sapi dan kambing termasuk pula jenis-jenisnya. Sehingga tidak dibenarkan jika kita berkurban dengan ikan paus, kuda, rusa atau ayam. Dan tidak pernah dinukil sama sekali dari Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam, begitu pula dari para sahabat bahwa mereka berkurban dengan selain tiga jenis hewan tersebut.

Allah Ta'ala berfirman,

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ

"Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap bahimatul an'am (binatang ternak) yang telah direzkikan Allah kepada mereka" (QS. Al Hajj: 34).

Dalam Al Majmu' (8: 364-366), Imam Nawawi berkata, "Syarat sah dalam qurban, yaitu hewan qurban harus berasal dari hewan ternak yaitu unta, sapi dan kambing. Termasuk pula berbagai jenis unta, semua jenis sapi dan semua jenis kambing yaitu domba, ma'iz dan sejenisnya. Sedangkan selain hewan ternak seperti rusa dan keledai tidaklah sah sebagai hewan qurban, baik dari yang jantan maupun betina -tanpa ada perselisihan di kalangan ulama-.  Tidak ada khilaf sama sekali mengenai hal ini menurut kami. … Begitu pula turunan dari perkawinan antara rusa dan kambing tidaklah sah sebagai hewan qurban karena bukan termasuk an'am (hewan ternak)."

Syaikh Muhammad bin Sholih Al 'Utsaimin menjelaskan dalam Ahkamul Udhiyah waz Zakaah, "Jenis hewan yang dijadikan qurban adalah dari bahimatul an'am saja (hewan ternak). Karena Allah Ta'ala berfirman (yang artinya), "Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka" (QS. Al Hajj: 34). Bahimatul an'am adalah unta, sapi, kambing (termasuk domba dan ma'iz). Hal ini ditegaskan oleh Ibnu Katsir dan beliau mengatakan bahwa ini menjadi pendapat Al Hasan Al Bashri, Qotadah dan selainnya. Ibnu Jarir mengatakan bahwa demikian anggapan orang Arab mengenai bahimatul an'am. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Janganlah kalian menyembelih selain musinnah kecuali jika sulit bagi kalian, maka hendaklah menyembelih jadza'ah dari domba." Musinnah adalah unta, sapi atau kambing yang telah berumur dua tahun ke atas. Demikian kata para ulama.

Ditetapkan aturan seperti ini karena qurban adalah ibadah sebagaimana hadyu, maka haruslah dilakukan jika ada ketetapan dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Dan tidak pernah dinukil dari beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa beliau pernah berqurban denan selain unta, sapi atau kambing."

Semoga Allah memberi kita selalu ilmu yang bermanfaat.

@ Sakan 27 Jami'ah Malik Su'ud, Riyadh, KSA, 13 Dzulqo'dah 1433 H

Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Muslim.Or.Id

Serial Kajian Kesehatan Islam #1 di FK UGM (Yogyakarta, 22 September 2013)

Posted: 10 Sep 2013 07:09 PM PDT

Ilmu tanpa amal bagai pohon tak berbuah. Amal tanpa ilmu hanya membuahkan penyesalan.

Buat teman-teman yang ‘ngakunya’ ingin menjadikan profesi sebagai lahan ibadah serta siapapun yang ingin mencari ilmu, datang yuks di Serial Kajian Kesehatan Islam #1

Tema Kajian
1). “Menjadikan Profesi Kesehatan sebagai Lahan Ibadah”
oleh Djoko Kuswanto dan Ustadz Abu Umar Abdillah -hafizhahumallah-
2). “Konsep Fiqih Thaharah bagi Orang Sakit & Diskusi Kasus”
oleh Ustdaz Aris Munandar dan dr. Adika Mianoki

Waktu Kajian
Ahad, 22 September 2013 pkl. 07.30 – 11.30

Tempat Kajian
Gedung Kuliah FK UGM lantai 2 (putra) dan lantai 3 (putri)

Investasi Rp10.000,00
Fasilitas: makalah dan snack

Format daftar KKI #1 : Nama_Instansi_Alamat
Kirim ke: 085725853929 (Putra) & 085726876280 (Putri)
Pendaftaran paling lambat tanggal 20 September 2013

Penyelenggara
Takmir Masjid Ibnu Sina FK UGM Yogyakarta

Poster SKKI

No comments:

Post a Comment