Monday, August 19, 2013

Radio Assunnah 92.3 FM

Radio Assunnah 92.3 FM


(Kajian MP3) Do’a adalah Obat

Posted: 19 Aug 2013 02:15 AM PDT

Bismillah

Pecinta Radio kita FM Rahimakumullah, Do’a termasuk obat yang sangat bermanfaat sekaligus musuh bagi bencana. Ia akan memerangi, mengobati, mencegah, menghilangkan, atau mengurangi bencana yang menimpa. Do’a merupakan senjata kaum Mukminin.

do'a adalah obatHal ini sebagaimana yang diriwayatkan oleh al-Hakim dalam Shahihnya, dari ‘Ali bin Abi Thalib Rhadiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasululullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Do’a adalah senjata kaum Mukminin dan tiang agama, serta cahaya langit dan bumi.

Ketika bersanding dengan musibahm do’a mempunyai tiga kondisi sebagai berikut:

  1. Do’a lebih kuat daripada musibah. Maka dari itu, do’a mampu mencegah terjadinya musibah.
  2. Do’a lebih lemah daripada musibah. Akibatnya do’a terkalahkan sehingga musibah menimpa orang yang bersangkutan. Akan tetapi. do’a bisa meringankan musibah tersebut meskipun hanya sedikit.
  3. Satu sama lain saling menyerang dan saling menghilangkan.

Al-Hakim meriwayatkan dalam Shahiihnya dari ‘Aisyah Rhadiyallahu ‘anhaa ia menyatakan bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Sikap Waspada tidak mampu menolak takdir. Do’a akan memberikan manfaat kepada hal-hal yang telah terjadi dan yang belum terjadi. Pada saat musibah itu turun, do’a segera menghadapinya. Keduanya lantas saling bertarung hingga datangnya hari Kiamat.”

Disebutkan juga dalam kitab yang sama, dari Ibnu Umar Rhadiyallahu ‘anhu, bahwasanya Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Do’a akan memberikan manfaat terhadap apa yang telah terjadi maupun yang belum terjadi. Maka hendaklah kalian berdo’a, wahai hamba-hamba Allah.”

Masih dalam kitab yang sama, yaitu dari Tsauban, bahwasanya Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

Tidak ada yang dapat menolak takdir, kecuali do’a. Tidak ada pula yang dapat menambah usia, kecuali kebajikan. Sesungguhnya seseorang itu benar-benar akan terhalang rizkinya karena dosa yang ia kerjakan.”

Pecinta Radio Kita FM, untuk selengkapnya Anda bisa simak dan dengarkan kajian dalam buku terjemahan Addaa’ Wad Dawaa’ dalam bab Do’a adalah Obat bersama Ustadz Tata Abdul Ghoni dibawah ini:

Atau Anda bisa mendownloadnya dengan mengklik langsung disini.

Sumber artikel: Buku Addaa’ Wad Dawaa’, penerbit Pustaka Imam Syafi’i

Sumber gambar: sxc.hu

No comments:

Post a Comment