Radio Assunnah 92.3 FM |
Disunnahkan Berpakaian dengan Pakaian Penduduk Negerinya Posted: 23 May 2013 10:56 PM PDT Disunnahkan Berpakaian dengan Pakaian Penduduk Negerinya Diposkan oleh Abu Al-Jauzaa’ : di 21.42 Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda: مَنْ لَبِسَ ثَوْبَ شُهْرَةٍ أَلْبَسَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ثَوْبًا مِثْلَهُ "Barangsiapa memakai pakaian syuhrah, niscaya Allah akan memakaikan kepadanya pakaian semisal pada hari kiamat" [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 4029, Ibnu Maajah no. 3606-3607, dan yang lainnya; shahih]. قال ابن الأثير : الشهرة ظهور الشيء والمراد أن ثوبه يشتهر بين الناس لمخالفة لونه لألوان ثيابهم فيرفع الناس إليه أبصارهم ويختال عليهم بالعجب والتكبر "Ibnul-Atsiir berkata : 'Asy-Syuhrah adalah tampaknya sesuatu. Maksudnya bahwa pakaiannya populer di antara manusia karena warnanya yang berbeda sehingga orang-orang mengangkat pandangan mereka (kepadanya). Dan ia menjadi sombong terhadap mereka karena bangga dan takabur" [Nailul-Authaar, 2/111 – via Syamilah]. حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ الْعَوَّامِ، عَنِ الْحُصَيْنِ، قَالَ: كَانَ زُبَيْدٌ الْيَامِيُّ يَلْبَسُ بُرْنُسًا، قَالَ: فَسَمِعْتُ إِبْرَاهِيمَ عَابَهُ عَلَيْهِ، قَالَ: فَقُلْتُ لَهُ: إِنَّ النَّاسَ كَانُوا يَلْبَسُونَهَا، قَالَ: ” أَجَلْ ! وَلَكِنْ قَدْ فَنِيَ مَنْ كَانَ يَلْبَسُهَا، فَإِنْ لَبِسَهَا أَحَدٌ الْيَوْمَ شَهَرُوهُ، وَأَشَارُوا إِلَيْهِ بِالأَصَابِعِ ” Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr, ia berkata : Telah menceritakan kepada kami 'Abbaad bin Al-'Awwaam, dari Al-Hushain, ia berkata : Dulu Zubaid Al-Yaamiy pernah memakai burnus (sejenis tutup kepala). Lalu aku mendengar Ibraahiim mencelanya karena perbuatannya yang memakai burnus tersebut. Aku berkata kepada Ibraahiim : "Sesungguhnya orang-orang dulu pernah memakainya". Ibraahiim berkata : "Ya. Akan tetapi orang-orang yang memakainya sudah tidak ada lagi. Apabila ada seseorang yang memakainya hari ini, maka ia berbuat syuhrah dengannya. Lalu orang-orang berisyarat dengan jari-jari mereka kepadanya (karena heran)" [Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah no. 25655; sanadnya shahih]. فالذى ينبغى للرجل أن يتزى فى كل زمان بزى أهله ما لم يكن إثمًا لأن مخالفة الناس فى زيهم ضرب من الشهرة "Yang seharusnya dilakukan seseorang adalah ia berpakaian di setiap masa dengan pakaian orang-orang yang hidup di masa tersebut sepanjang tidak terkandung dosa, karena penyelisihan terhadap pakaian yang dipakai oleh orang banyak termasuk syuhrah" [Syarh Shahih Al-Bukhaariy, 17/144 – via Syamilah]. يكره لبس ما فيه شهرة, أَو خلاف زي بلده من الناس, على الصحيح من المذهب "Dimakruhkan memakai sesuatu yang menimbulkan syuhrah/popularitas atau menyelisihi pakaian penduduk negeri setempat berdasarkan pendapat yang shahih dari madzhab (Hanaabilah)" [Al-Inshaaf, 2/263]. ونص الإمام أحمد رضي الله عنه على أنه لا يحرم ثوب الشهرة ، فإنه رأى رجلا لابسا بردا مخططا بياضا وسوادا ، فقال : ضع هذا ، والبس لباس أهل بلدك ، وقال : ليس هو بحرام ، ولو كنت بمكة ، أو المدينة لم أعب عليك . قال الناظم رحمه الله : لأنه لباسهم هناك "Dan Al-Imaam Ahmad radliyallaahu 'anhu bahwa beliau tidak mengharamkan pakaian syuhrah.[1] Beliau pernah melihat seorang laki-laki yang memakai kain dengan motif garis-garis putih dan hitam, lalu berkata : "Lepaskanlah kain ini dan pakaialah pakaian penduduk negerimu". Beliau kembali berkata : "Memakainya tidaklah haram. Seandainya engkau berada di Makkah atau di Madiinah, maka tidak mengapa engkau memakainya". An-Naadhim (Abu 'Abdillah Muhammad bin 'Abdil-Qawiy Al-Mardawiy Al-Hanbaliy) rahimahullah berkata : "Karena ia merupakan pakaian mereka di sana" [Ghidzaaul-Albaab, 2/126]. أنه يكره له لبس غير زي بلده بلا عذر كما هو منصوص الإمام "Dibenci baginya memakai pakaian yang bukan model pakaian (penduduk) negerinya tanpa 'udzur, sebagaimana dikatakan oleh Al-Imaam (Ahmad)" [idem, 2/182]. أن موافقة العادات في غير المحرم هي السنة؛ لأن مخالفة العادات تجعل ذلك شهرة، والنبي صلّى الله عليه وسلّم نهى عن لباس الشهرة "Bahwasannya mencocoki kebiasaan yang tidak mengandung keharaman merupakan sunnah, karena penyelisihan terhadap kebiasaan menjadikannya syuhrah. Dan Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam melarang pakaian syuhrah" [Asy-Syarhul-Mumti', 6/67 – via Syamilah]. [1] Pembahasan hukum pakaian syuhrah perlu pembahasan tersendiri, karena sebagian ulama berpendapat haram sesuai dhahir hadits yang dibawakan di awal artikel. [5] Pun seandainya rekan-rekan ingin tetap mengenakan pakaian gamis model Saudi atau Pakistan, sangat dipersilakan jika memang di tempat antum pakaian tersebut tidak dianggap asing. Hanya saja menjadi aneh ketika ada sebagian rekan yang terlalu ofensif dalam mengkritik orang yang tidak berpakaian seperti dirinya dan mencapnya sebagai kelompok Sururiy yang 'terlalu ingin' dakwahnya diterima masyarakat. وكم من عائب قولا صحيحا و آفته من الفهم السقيم "Betapa banyak orang yang mencela perkataan yang benar disalin Oleh DS dari :http://abul-jauzaa.blogspot.com/2013/04/disunnahkan-berpakaian-dengan-pakaian.html |
You are subscribed to email updates from Radio Sunnah KITA 94.3 FM To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 20 West Kinzie, Chicago IL USA 60610 |