Monday, February 11, 2013

Muslim.or.id: Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah

Muslim.or.id: Memurnikan Aqidah Menebarkan Sunnah


Petunjuk Bagi Orang Yang Bertakwa

Posted: 10 Feb 2013 06:06 PM PST

Allah Ta'ala berfirman,

الم ذَلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ

"Alif lam mim. Ini adalah kitab yang tidak ada keraguan sedikit pun padanya. Petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa" (QS. al-Baqarah: 1-2)

Faidah

  • Di dalam Al-Qur'an terkandung ilmu yang meyakinkan; sehingga ia akan bisa menyingkirkan keragu-raguan. Sebab penafian keraguan dalam ungkapan 'tidak ada keraguan sedikit pun padanya' adalah suatu ungkapan penafian yang memiliki konsekuensi penetapan kebalikan darinya; sementara kebalikan dari keraguan adalah keyakinan
  • Sebuah pelajaran penting yang bisa dipetik, bahwasanya penafian -dari suatu sifat tercela atau kekurangan- yang dimaksudkan sebagai pujian adalah penafian yang terkandung di dalamnya penetapan kebalikan darinya; yaitu sifat kesempurnaan.
  • Al-Qur'an mengandung petunjuk yang akan mengentaskan seorang dari kesesatan dan berbagai kerancuan pemahaman, selain itu Al-Qur'an juga berisi arahan-arahan untuk menggapai segala perkara yang mendatangkan kemanfaatan dan kebaikan.
  • Kebaikan yang ditunjukkan melalui bimbingan Al-Qur'an adalah kebaikan yang menyeluruh, bukan hanya kebaikan yang bersifat sementara -di dunia- bahkan ia juga mencakup kebaikan yang seterusnya -di akhirat- dan abadi.
  • Al-Qur'an merupakan panduan dalam perkara ushul (pokok) maupun furu' (cabang), ia menyimpan keterangan untuk membedakan antara kebenaran dengan kebatilan, antara pendapat yang benar/kuat dengan pendapat yang lemah.
  • Pada dasarnya Al-Qur'an adalah petunjuk/hidayah bagi semua manusia, hanya saja yang benar-benar bisa memetik manfaat dan pelajaran darinya adalah orang-orang yang bertakwa. Sebab, hidayah itu ada 2 macam; hidayah berupa keterangan dan hidayah berupa taufik. Hidayah taufik hanya diperoleh orang yang bertakwa, sedangkan selain mereka tidak mendapatkannya.
  • Hidayah berupa keterangan ilmu pada hakikatnya bukanlah hidayah yang sejati dan sempurna apabila tidak disertai dengan hidayah untuk bisa mengamalkannya.
  • Ketakwaan merupakan sebab paling utama untuk mendapatkan curahan hidayah. Hakikat takwa adalah menjaga diri dari kemurkaan Allah dengan cara melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Sumber: Taisir al-Karim ar-Rahmanlihat al-Majmu'ah al-Kamilah [1/39-41]

Penulis: Ari Wahyudi
Artikel Muslim.Or.Id

Workshop Tata Cara Pengurusan Jenazah (Yogyakarta, 17 Februari 2013)

Posted: 10 Feb 2013 05:56 PM PST

Ikuti! Workshop Tata Cara Pengurusan Jenazah. Insya Allah diadakan pada:

 

Hari / tanggal : Ahad / 17 Februari 2013

Tempat : Masjid Nurul Hikmah, RS Grasia Pakem, Yogyakarta

Waktu : pukul 09.00 –  12.oo WIB

Pemateri: Ust. Zainuddin

 

Gratis, untuk umum.

 

Informasi: 0818.551.897 (Bowo)

Penyelenggara: Yayasan Pendidikan Islam Al Atsary

jenazah

No comments:

Post a Comment