Tuesday, December 11, 2012

Radio Assunnah 92.3 FM

Radio Assunnah 92.3 FM


Resensi Buku: Sifat Perniagaan Nabi

Posted: 10 Dec 2012 10:40 PM PST

TEKS RESENSI BUKU ISLAMI | Sifat Perniagaan Nabi

Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Pecinta Assunnah Rahimakumullah.. berjumpa kembali dalam program acara Resensi Buku-Buku Islami. Sebuah program acara yang menyajikan referensi buku-buku Islam dari penerbit Ahlussunnah terpercaya. Buku yang akan kami resensi pada kesempatan kali ini adalah Buku yang berjudul Sifat Perniagaan Nabi.

Buku ini diterbitkan oleh Darul Ilmi Publishing dan ditulis oleh DR. Muhammad Arifin bin Badri, MA dengan tebal 289 halaman.
Pecinta Assunnah yang semoga dirahmati oleh Allah..
Perniagaan adalah salah satu mata pencaharian yang terpuji dalam Islam, bahkan menurut sebagian ulama, perniagaan merupakan salah satu mata pencaharian yang paling utama. Pendapat ini berdasarkan sabda Nabi shalallahu alaihi wa salam berikut:

Dari sahabat Rafi bin Khadij ia menuturkan: Dikatakan (kepada Rasulullah shalallahu alaihi wa salam), ”Wahai Rasulullah! Penghasilan apakah yang paling baik?” Beliau menjawab, ”Hasil pekerjaan seseorang dengan tangannya sendiri, dan setiap perniagaan yang baik.” (HR. Ahmad, Ath-Thabrani, AI-Hakim, dan disertai oleh Syaikh aI-Albani).

Pada zaman modern ini banyak sekali tata cara perniagaan yang dilakukan oleh manusia. Bahkan sudah tidak jelas lagi mana yang dihalalkan dan mana yang diharamkan. Mereka banyak terjebak dalam praktek-praktek riba, yang jelas-jelas keharamannya.

Buku ini membahas semua permasalahan perniagaan secara Islami, yang banyak kaum muslimin menghiraukannya. Sangat cocok dijadikan sebagai pegangan kita ditengah ramainya syubhat-syubhat jual-beli masa kini. Buku ini semakin lengkap dengan adanya fatwa-fatwa dari Komite Tetap Untuk Riset Ilmiyyah dan Fatwa Kerajaan Saudi Arabia, yang menjawab setiap permasalahan jual beli masa kini.

Maka hendaklah setiap kaum muslimin kembali kepada aturan-aturan syariat yang telah ditetapkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Jangan sampai makanan yang kita makan, diperoleh dari harta yang haram tanpa kita sadari.

Demikianlah secara ringkas Buku Sifat Perniagaan Nabi ini, tentunya dengan membaca dan memiliki buku ini insya allah akan menambah ilmu dan wawasan kita mengenai panduan praktis fiqih perniagaan Islam yang sesuai dengan tuntunan Nabi kita yang Mulia, Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘alaihi Wassalam.

Untuk bisa mendapatkan buku ini, anda bisa membelinya di toko-toko buku terdekat dengan harga hanya Rp 55.000.
Adapun untuk informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi nomor telepon Darul Ilmi Publishing di  021-93170307 atau 081806674507.

Demikian program acara resensi buku-buku Islami  untuk kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat…
Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

No comments:

Post a Comment